APA YANG AKAN TERJADI JIKA ANDA BERHENTI OLAHRAGA?

on-the-scales-480

Mengakhiri kegiatan olahraga yang biasanya rutin Anda lakukan dapat menimbulkan beberapa kelemahan pada diri Anda dan meningkatkan resiko akan penyakit kronis. Jika Anda terbiasa berolahraga, tentu akan menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh Anda, dan memperngaruhi bagaimana Anda melihat dan merasa. Untungnya, apakah Anda berhenti olahraga karena cedera, penyakit, jadwal kegiatan yang padat atau perubahan motivasi, Anda tetap bisa kembali berolahraga.

Penurunan Kekuatan & Otot

Jika Anda berhenti olahraga dalam kurun waktu yang lama, tubuh Anda akan mulai kehilangan kekuatan dan massa otot, Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2010 oleh Kedokteran dan Ilmu Olahraga, melaporkan bahwa atlet yang sangat terlatih yang berhenti latihan selama lima minggu menunjukkan penurunan kekuatan yang sangat signifikan.

weight-scale-helpBertambahnya Berat Badan & Lemak

Jika Anda terbiasa berolahraga secara teratur dan tiba-tiba Anda berhenti, Anda mungkin akan mulai melihat peningkatan lemak tubuh, khususnya jika Anda juga tidak melakukan diet atau pengaturan pola makan selama tidak berolahraga. Studi pada tahun 2010 melaporkan bahwa atlet yang sangat terlatih yang berhenti latihan, mengalami peningkatan lemak tubuh setelah lima minggu. Studi lain yang dipublikasikan tahun 2014 melaporkan bahwa pemain sepak bola yang berhenti latihan selama enam minggu telah mengalami peningkatan lemak tubuh dan berat badan. Bagaimanapun juga, berhenti olahraga bukan jaminan berat badan Anda akan bertambah. Jika Anda mengkontrol atau mengurangi asupan kalori, Anda dapat mencegah atau bahkan menurunkan berat badan, karena otot lebih berat dari lemak tubuh.

Penurunan Kinerja Atletik

Terlepas dari jenis latihan rutin yang biasa Anda lakukan, jika Anda berhenti olahraga, secara perlahan-lahan Anda akan kehilangan daya tahan dan kekuatan tubuh – yang merupakan komponen penting untuk tampil prima. Banyak studi meneliti efek berhenti olahraga selama lima sampai enam minggu, tapi Anda akan mulai merasa tidak sehat hanya dalam dua minggu.

Tekanan Darah Lebih Tinggi

Karena olahraga dikenal membantu menurunkan tekanan darah, sangat tidak mengherankan bahwa menghentikan kegiatan olahraga rutin Anda, dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2004 menemukan bahwa tekanan darah meningkat setelah hanya dua minggu berhenti latihan. Bagaimanapun juga, hanya karena Anda berhenti olahraga bukan berarti Anda pasti memiliki tekanan darah tinggi.  Selain berolahraga secara teratur, cara lain untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah adalah mengurangi natrium diet, mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat, mengelola stress, menghindari produk tembakau, dan membatasi konsumsi alkohol.

Jadi, pikirkan sekali lagi, “Mengapa Anda harus berhenti olahraga?”

Tags: , , , , , ,

PXL Fitness Equipment

PXL Fitness Equipment memproduksi alat-alat fitness berkualitas. Kepuasan pelanggan adalah kebahagiaan kami. Oleh karena itu kami tidak pernah meninggalkan pelanggan kami, baik sebelum maupun sesudah Anda membeli produk kami.

Get in touch

PXL/Maxwell Fitness Office & Showroom

Jakarta Garden City, Rukan Avenue No 1-168, Cakung
Jakarta Timur,
DKI Jakarta

Talk to us

Phone : 085921388331
              
Email : sales@pxlfitness.com
Email : erika@pxlfitness.com
Email : yohanes@pxlfitness.com