12 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

papaya

Buah dengan warna buah yang menarik ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Jika Anda kurang suka dengan aromanya, Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dibuat jus. Berikut manfaat pepaya untuk kesehatan:

Menurunkan Kadar Kolesterol

Pepaya mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol pada darah dan mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah arteri. Selain itu, pepaya juga terbukti dapat menurunkan kadar lipid dan trigliserida.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Satu buah pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori, sehingga buah pepaya baik untuk dikonsumsi pada saat menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada pepaya juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Meningkatkan Sistem Imun

Satu buah pepaya mengandung vitamin C sebanyak lebih dari 200% dari kebutuhan sehari-hari tubuh. Vitamin C yang merupakan antioksidan dapat berperan dalam meningkatkan efektivitas kerja dari sistem imun tubuh.

Baik untuk Penderita Diabetes

Walaupun terasa manis, pepaya hanya mengandung sedikit gula, yaitu sekitar 8,3 gram dalam satu mangkuk pepaya dan memiliki angka glikemiks indeks yang rendah. Berdasarkan fakta tersebut, maka buah pepaya sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, kandungan vitamin dan fitonutrien pada pepaya dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular pada penderita diabetes.

Baik untuk Mata

Pepaya kaya akan vitamin A dan flavonoid, seperti beta-karoten, zeaxanthin, cyptoxanthin, dan lutein yang menjaga kesehatan membrane mucus pada mata. Selain itu, vitamin A juga dapat menjaga mata dari penyakit degenerasi yang disebabkan oleh factor usia.

Mencegah Arthritis

Konsumsi pepaya juga baik untuk kesehatan tulang dan sendi, karena pepaya mengandung senyawa anti-inflamasi dan vitamin C yang dapat mencegah terjadinya arthritis.

Meningkatkan Pencernaan

Pepaya mengandung sejenis enzim, yaitu papain yang dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan dengan baik.

Meringankan Nyeri pada Saat Menstruasi

Enzim papain pada pepaya juga dapat meringankan nyeri menstruasi dengan mempelancar peredaran darah.

Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Kandungan vitamin E, vitamin C, dan antioksidan, seperti beta-karoten dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Vitamin A pada pepaya digunakan oleh tubuh dalam produksi sebum, yaitu suatu senyawa yang dapat menjaga rambut tetap lembut, bercahaya, dan lembab. Nutrien pada pepaya dapat mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan menguatkan rambut. Selain itu, aplikasi eksternal ekstrak pepaya pada kulit kepala, dapat menghilangkan ketombe.

Mencegah Kanker

Pepaya kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang dapat mencegah sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan beta-karoten pepaya dapat mencegah beberapa kanker, seperti kanker prostat dan kanker usus.

Mengurangi Stress

Kandungan vitamin C dan nutrien-nutrien lain pada pepaya dapat mengendalikan kandungan hormon stress pada tubuh, sehingga dapat mengurangi stress.

Tags: , , , , , , ,

PXL Fitness Equipment

PXL Fitness Equipment memproduksi alat-alat fitness berkualitas. Kepuasan pelanggan adalah kebahagiaan kami. Oleh karena itu kami tidak pernah meninggalkan pelanggan kami, baik sebelum maupun sesudah Anda membeli produk kami.

Get in touch

PXL/Maxwell Fitness Office & Showroom

Jakarta Garden City, Rukan Avenue No 1-168, Cakung
Jakarta Timur,
DKI Jakarta

Talk to us

Phone : 085921388331
              
Email : sales@pxlfitness.com
Email : erika@pxlfitness.com
Email : yohanes@pxlfitness.com